Dimohon Bupati, PN Lepaskan Tersangka

Rabu, 26 Mar 2008
Dimohon Bupati, PN Lepaskan Tersangka

GRESIK – Terjawab sudah mengapa Pengadilan Negeri (PN) Gresik melepaskan para tersangka kasus dugaan korupsi proyek reklamasi Pantai Sangkapura, Pulau Bawean, dari Rutan Cerme. Perubahan status tahanan rutan menjadi tahanan kota itu didasari permohonan Bupati Robbach Ma’sum.

 

Ketua PN Gresik Sudiwardono mengatakan, pengalihan status dua tersangka dugaan korupsi proyek reklamasi Rp 1,2 miliar itu berdasar permohonan Bupati Robbach Ma’sum dengan surat bertanggal 19 Maret lalu. Surat berkop dinas bergambar burung garuda itu diajukan bersamaan dengan majelis hakim memutuskan memperpanjang masa tahanan tersangka hingga 16 April 2008.

Pengalihan itu, kata Sudiwardono, merupakan wewenang majelis hakim dan tidak ada tekanan dari mana pun. “Surat permohonan pengalihan ada. Tapi, tekanan pihak luar tidak ada,” tegas Sudiwardono di ruang kerjanya kemarin (25/3).

Permohonan untuk tersangka Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pertambangan dan Energi (LHPE) Soemarsono bernomor 180/59/403.14/2008. Sementara itu, Kasubdin Kelistrikan LHPE Zaenal Arifin bernomor 180/60/403.14/2008.

Dua tersangka lain, Direktur CV Kebangkitan Bangsa Buang Idang Guntur dan Direktur CV Daun Jaya Shiabuddin, digaransi oleh istri masing-masing. Empat tersangka tersebut menyusul Kepala Bagian TU LHPE Siti Kuntjarni yang berstatus tahanan kota sejak 4 Maret lalu.

Sudiwardono mengungkapkan, meski tidak ditahan di rutan, kalau tersangka menghambat persidangan, majelis hakim bisa saja memasukkan mereka kembali ketahanan. “Kita lihat dulu. Kalau permohonan tidak ditaati, majelis bisa dipermintakan untuk ditahan lagi,” tandasnya.

Dalam surat permohonan dari bupati, terdapat lima alasan. Yakni, tenaga mereka masih dibutuhkan pemerintah, tidak akan menghilangkan barang bukti, tidak melakukan perbuatan lagi, bersedia dihadirkan setiap saat, dan tidak melarikan diri. (yad/roz)

~ oleh esont pada Maret 27, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: