maulid bawean batam


Peringati Maulud, Warga Bawean Bertukar Berkat

BATAM (BP) – Jika maulud Nabi biasanya diperingati dengan pengajian, warga Bawean di Batam memperingatinya dengan cara berbeda. Bertempat di Masjid Almunawwaroh Bengkong Harapan, Minggu (6/4) kemarin, selain menggelar pengajian, seribuan warga Bawean itu juga bertukar ”berkat”.

Berkat merupakan ember yang di dalamnya diisi beragam makanan dan minuman. Ada makanan ringan seperti snack dan coklat, telur dan ayam panggang, beras, gula dan lainnya. Berkat itu kemudian dibawa ke masjid dan dikumpulkan. Setelah pengajian usai, warga kemudian diberi berkat untuk dibawa pulang.

Menurut Ketua Ikatan Keluarga Bawean Batam (IKBB) Mansyur Hamami, tradisi bertukar berkat itu merupakan budaya warga Bawean di kampung halamannya. ”Agar tradisi itu tak hilang sekaligus menjalin silaturrahmi, setiap tahun kami memperingati maulud dengan cara seperti itu. Kalau di Batam, tradisi ini sudah kami lakukan puluhan tahun,” tuturnya.

Tak hanya warga Bawean di Batam yang ikut meramaikan tradisi itu. Warga Singapura keturunan Bawean juga ikut serta. H Sairi (51) misalnya, sengaja datang ke Batam untuk ikut maulud. ”Saya ingin ikut meramaikan tradisi ini,” katanya.

Peringatan maulud Nabi kemarin, juga diisi dengan ceramah agama oleh Ustad Aliyaman Hasibuan. Hasibuan meminta warga Bawean dan umat Islam di Batam meneladani gaya hidup Nabi Muhammad. Seperti cara makan, tidur dan lain-lainnya.

”Nabi Muhammad itu tidur dengan berbantalkan tangan pada pipi kanannya. Cara tidur seperti ini, menurut penelitian kesehatan, ternyata menyehatkan jantung. Itu hanya satu contoh dari cara-cara hidup Nabi yang perlu kita teladani,” katanya.(med)

~ oleh esont pada April 13, 2008.

2 Tanggapan to “maulid bawean batam”

  1. > Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://infogue.com
    http://infogue.com/seni_budaya/peringati_maulud_warga_bawean_bertukar_berkat/

  2. bagus,terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: