Kompetisi Akutansi UIB

Uji Kemampuan Akuntansi Lewat Permainan


– Akuntansi selalu identik dengan sesuatu yang kaku dan angka-angka yang rumit. Tapi akuntansi bisa juga menjadi sesuatu yang menarik jika dikemas dalam lomba. Universitas Internasional Batam (UIB) menggelar lomba Math Accounting Fun Games di Kampus UIB, Ahad (11/5) kemarin.

Penanggungjawab lomba, Sri Ruwanti mengatakan, lomba akuntansi ini digelar pertama kali di UIB. Tujuannya, selain mengasah kemampuan dan keahlian mahasiswa akuntansi, juga untuk persiapan mengikuti kompetisi di level yang lebih tinggi. “Pesertanya 19 tim. Semuanya mahasiswa akuntansi UIB,” kata Wanti sela-sela lomba.
Acara, katanya dibagi menjadi empat sesi, diantaranya investasi bisnis dan tebak kata. Setiap sesi dirancang semenarik mungkin agar peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya. Ada tiga juri yang menilai, yakni RA Widiyanti Diah Lestari, Harnovinsah dan Rulan Kuspi Putri. Ketiganya dosen program studi akuntansi UIB.

Acara ini juga menjadi ajang seleksi untuk mahasiswa akuntansi UIB dalam mengikuti kompetisi sejenis yang digelar perguruan tinggi lain di Indonesia. UIB, katanya siap menjadi tuan rumah lomba akuntansi tingkat nasional. Rencananya, bulan November 2008 mendatang, UIB mengggelar lomba Math Accounting Fun Games tingkat SMA se-Kepri.

Ditambahkan, pemenang kompetisi yang diikuti 19 tim ini, untuk juara I dan 2 memperoleh hadiah beasiswa dari UIB. Wanti mengaku gembira dengan antusiasnya mahasiswa mengikuti lomba. “Akuntansi jangan dilihat sesuatu yang menakutkan,” ujar dosen asal Tanjungpinang ini. (dea)

UIB Juara II Tingkat Nasional

Setelah melakukan kompetensi Akuntansi internal, Universitas International Batam nekat mengikuti kompetensi ajang yang lebih tinggi di tingkat nasional, yaitu BNAT IV (Binus National Accounting Tournament IV) di Bina Nusantara University Jakarta, Kamis (22/5), lalu.

Tim akuntansi Universitas Internasional Batam (UIB) berhasil meraih juara II dalam ajang bergengsi ini. Tim yang digawangi oleh Indah Kusuma Dewi Pramono (2005), Supriyanto (2006) dan Frandy (2005) ini mengukir prestasi yang membanggakan masyarakat Kepri, khususnya masyarakat Batam.

Acara ini merupakan acara tahunan ke empat yang diselenggarakan oleh Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta. Tahun ini jumlah peserta terdiri dari 23 tim dari 14 universitas di seluruh Indonesia, dan UIB adalah satu-satunya universitas dari luar Jawa yang ikut dalam kompetisi ini. Ajang ini berlagsung selama enam hari, mulai dari 22 Mei 2008 sampai 26 Mei 2008, dan hasil akhirnya UIB meraih peringkat ke dua setelah Ubaya Surabaya. (esont)***

~ oleh esont pada Mei 17, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: