Teleskop NASA Temukan Pabrik Bintang

[ Sabtu, 12 Juli 2008 ]
Teleskop NASA Temukan Pabrik Bintang

WASHINGTON – Dengan dukungan teknologi canggih, para peneliti luar angkasa kembali menghasilkan temuan mencengangkan. Setelah para astronom Brown University di Rhode Island menemukan molekul air dari sampel bulan yang dibawa awak Apollo, kini teleskop NASA (badan luar angkasa Amerika Serikat) menangkap pabrik bintang di angkasa.

Para peneliti menemukan pabrik bintang itu saat menelisik lagi pemandangan luar angkasa sekitar 12 miliar tahun lalu. Yang mereka sebut pabrik bintang tersebut sebetulnya adalah galaksi yang terletak jauh di luar Bima Sakti. Karena banyaknya bintang yang mampu diproduksi galaksi itu, para astronom menamainya galaksi Baby Boom.

“Galaksi itu mampu memproduksi sekitar 4.000 bintang per tahun, sebagian besar dihasilkan bersamaan,” kata Peter Capak dari Spitzer Science Center NASA di California Institute of Technology Rabu (9/7) waktu setempat. Sebagai perbandingan, lanjut Capak, galaksi Bima Sakti yang menaungi bumi hanya memproduksi rata-rata sepuluh bintang per tahun.

Saat menemukan pabrik bintang tersebut, Capak dan koleganya menggunakan beberapa jenis teleskop berbeda. Di antaranya teleskop Spitzer Space dan teleskop Hubble Space. Dua peranti canggih itu mereka manfaatkan untuk melacak galaksi kuno di luar angkasa.

Menurut Capak, pabrik bintang yang mereka temukan tersebut merupakan bagian dari gugus galaksi Starburst. “Letak galaksi tersebut 12,3 miliar tahun cahaya dari bumi,” tulis Capak dalam sebuah artikel yang dimuat Astrophysical Journal Letters.

Saat ini, lanjut dia, usia jagat raya diperkirakan 13,4 miliar tahun. Dengan asumsi itu, galaksi pabrik bintang tersebut diperkirakan mulai memproduksi benda berkelip di angkasa saat dunia berumur 1,3 miliar tahun. (Rtr/hep/soe)

~ oleh esont pada Juli 12, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: