Anak Rusa Bawean Lahir

[ Kamis, 07 Agustus 2008 ]
Kebun Bibit Ketambahan Rusa Bawean Betina

Kebun Bibit memiliki warga baru. Seekor rusa bawean berjenis kelamin betina dilahirkan pada Selasa (5/8) pagi. Rusa tersebut merupakan anak rusa koleksi Kebun Bibit yang didatangkan dari RSU dr Soetomo, Maret silam.

Proses kelahiran anak rusa bernama Latin Axis Kuhli itu cukup ”misterius”. Sebab, tak ada siapa pun di Kebun Bibit yang mengetahui kelahirannya. Siswanto, salah seorang petugas Kebun Bibit, menuturkan, sekitar pukul 06.00, dirinya sedang menyapu. Itu merupakan tugas rutin lelaki asli Madura tersebut.

”Tiba-tiba, saya lihat ada hewan yang jalan-jalan di luar pagar. Saya sangat kaget, ternyata itu anak rusa. Saya langsung bilang kepada pak kepala,” ungkapnya.
Siswanto mengaku tak tahu proses kelahiran rusa tersebut. Padahal, lelaki yang sudah hampir setahun menjaga Kebun Bibit itu selalu berada di sekitar kandang hewan tersebut. ”Mungkin ia lahir pas malam atau dini hari,” katanya.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Kebun Bibit Susilo Budi Purnomo menuturkan, begitu dihubungi, dirinya langsung meluncur ke Kebun Bibit. ”Saya langsung memerintahkan membuat kandang penangkaran,” tegasnya.

Kandang penangkaran dibuat dalam kandang rusa yang lama. Tujuannya, induknya bisa datang ke kandang penangkaran kapan saja. Kandang 4 x 7,5 meter itu dibuat dari besi berdiameter 2 cm. Bagian bawah besi dilapisi kawat ram. ”Biar anak rusa tidak keluar. Lha, ia baru lahir saja sudah jalan-jalan ke luar,” ujarnya.

Sebenarnya, kata dia, Kebun Bibit sudah mengetahui bahwa akan ada anak rusa yang lahir. Namun, saat rusa bawean itu hamil, tak ada yang tahu rusa mana yang hamil. ”Rusa bawean kami jumlahnya delapan. Dua jantan, sisanya betina. Jadi, kalau hamil nggak ketahuan yang mana,” katanya.

Lantas, siapa nama rusa itu? Susilo mengaku tidak ada hewan dalam Kebun Bibit yang diberi nama. ”Kami kan bukan Bonbin. Jadi, tidak pernah ada hewan yang diberi nama,” ungkapnya.

Meski begitu, kata Susilo, Wali Kota Bambang D.H. akan memberi nama anak rusa itu. Sebab, berita tentang anak rusa yang lahir sudah diberitahukan kepada dia. ”Apalagi, beliau biasanya ke sini seminggu sekali,” jelasnya. (aga/ayi)

~ oleh esont pada Agustus 7, 2008.

2 Tanggapan to “Anak Rusa Bawean Lahir”

  1. rusa Bawean yang ini tanggal lahirnya koq sama dengan aku ya???

  2. mungkin induknya sangat terinspirasi kecintaan mr ibnu akan rusa bawean, he he he…teruslah berupaya melestarikan rusa bawean meskipun hanya dalam bentuk berita. bravo..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: