LA Lights Nongkrong Abiezz

Power of Underground from Forgivenessbeforedeath Band.

Break Dance, Moonwalk, & Moshing di Angkringan Nagoya Batam.

Batam – Lain aliran lain pula cara mengekpresikannya. Namun, di LA Lights Nongkrong Abiezz semua aliran seni musik dan seni gerak tubuh menyatu dalam semangat mengeksplorasikan kemampuan diri untuk memberi kepuasan bagi penikmatnya. Ajang eksibisi anak muda ini merupakan pagelaran ke dua di tahun 2009  yang digelar di angkringan Nagoya,  Batam dengan atmosfer terbuka, Sabtu (27/12) malam, tahun lalu.

Pergelaran LA Lights Nongkrong Abiezz 2 itu diawali kompetisi musik yang dikuti enam grup band lokal. Pemenang kompetisi ini mendapatkan hadiah gitar listrik. Penonton masih anteng-anteng saja menikmati penampilan band-band tersebut. Ketika Breakers (sebutan penari Break Dance) beraksi setelah itu, seperti menyihir penonton. Menarik penonton lebih dekat ke panggung. Teriakan dan siulan bersahut-sahutan begitu gerakan akrobatik diperagakan sekelompok remaja komunitas penggemar breakdance. Gerakan handstand, turtle, downrock, freeze, hingga headstand, memukau penonton. Suara riuh rendah penonton dan musik, membuat malam itu terasa hangat.

Adrenalin penonton turun sejenak seiring berakhirnya aksi Breakers, namun itu hanya sesaat saja. Lampu panggung tiba-tiba gelap seiring dengan intro lagu Billie Jeans Raja Pop Michael Jackson (MJ) membuat penonton penasaran, siapa yang akan tampil. Lalu, seorang dengan balutan kain hitam muncul dari kiri panggung dan tetap menyembunyikan wajahnya dibalik topi fedora khas MJ untuk beberapa menit, tepuk tangan dan suitan penonton menyambut penari solo bertubuh mungil ini yang tampil meniru habis gaya Michael Jackson. Mulai gerakan tarian seperti moonwalk yang fenonemenal itu hingga gerakan khas MJ lainnya. Lagu-lagu andalan MJ yang dimedley terus mengiringi gerakan-gerakannya. Kostum panggungnya yang berwarna dasar hitam dan putih bergaya tentara menambah performa penari Batam ini.

Penyelenggara seakan ingin mengatur adrenalin hadirin baik yang sedang asyik nonkrong lesehan di angkringan maupun penonton. Setelah penonton diajak ngebeat ala MJ, MC memanggil seorang musisi dari Singapura, Khairil vokalis dari band Telecast. Khairil tampil solo dengan gitar akustiknya, sedikit membawa suasana lebih santai. Meskipun hanya akustik penonton juga mengapresiasi kelihaian musisi Singapura memetik gitar ini dengan tepuk tangan. Khairil membawakan tiga lagu alternatif, dua diantaranya lagunya Nirvana.

setelah itu, Forgiveness Before Death (FBD), band Batam yang sudah menelurkan album ini seakan-akan memecah suasana Angkringan dengan hingar – bingar musik undergroundnya. Raungan gitar listrik dan gebukan drum langsung menghentak dan disambut sekumpulan pecinta musik metal dengan moshing (jingkrak-jinkrak dan melompat-lompat di depan panggung) dan headbang (mengangguk-menggakukan kepala) berbaris di bibir panggung. Apalagi ketika Vokalis Forgiveness Before Death, Mario mengajak penonton memacu adrenalinnya dengan lagu andalannya “The Edge of Breath” yang dilanjutkan dengan lagu ke dua “When the sufering Destruction Inside”. Pecinta musik metal yang seakan terbius, menari, melompat, berteriak bebas seirama dengan hentakan musik hingar bingar itu. FBD mengakhiri aksi panggungnya dengan lagu “Refuse/Resist” milik Sepultura.

“Puas..kalau bisa digelar setiap bulan, karena ini ajang seni anak muda dari bermacam-macam aliran, berbeda kultur, di iven seperti inilah kami menyalurkan hobi dan kreativitas,” ungkap Vokalis Forgiveness Before Death, Mario kepada Batam Pos. (Narasi dan Foto : esont)

Galery :

Moshing.
MJ from Batam.
Solo Akustik from Khairil Telecast (Singapore).
Aksi Breaker menyihir pengunjung Angkringan.***

~ oleh esont pada April 2, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: