Oasis Di Tanjungriau

Holiday Inn dari lantai tujuh.

I like oasis !” begitu komentar sebagian besar tamu yang menginap di Holiday Inn Resort Batam terhadap hotel resort pilihannya itu. Mereka mengumpamakan Okiday Inn resort Batam sebagai sebuah oasis. Sebuah hotel resort yang berlokasi di Marina City, di belahan bumi Batam bagian barat.

Tak berlebihan komentar sebagian besar tamu hotel resort itu, jika kita langsung melihat dan merasakan apa yang ditawarkan hotel bintang empat ini. Ya..Holiday Inn Resort Batam laksana oasis di tengah-tengah padang
pasir. Memberi kesejukan mata dan kesejukan hati pengunjungnya.

Oasis atau oase dalam wikipedia diartikan sebagai adalah suatu daerah subur terpencil yang berada di tengah gurun, dan biasanya mengelilingi suatu mata air atau sumber air lainnya.

Begitupun Holiday Inn Resort Batam, empat gedung tinggi yang berisi kamar- kamar tamu dan gedung utama (main building) yang difungsikan sebagai kantor, restoran dan lounge. Selain itu gedung utama juga disediakan fasilitas ruang pertemuan (meeting) yang mempunyai beberapa tipe dan kapasitas, dari 20 orang hinga 750 orang.

Gedung utama adalah gedung pertama yang akan dimasuki tamu, di gedung itulah divisi front office akan melayani tamu yang akan menginap. Sedangkan kamar-kamar tamu berada di empat gedung tinggi. Dua gedung berlantai
sepuluh berada di tengah, sedangkan dua gedung lainnya berlantai tujuh berada di sisi kiri dan kanan. Ada 235 kamar tamu dengan berbagai tipe semuanya dengan fasilitas yang mewah dan mempunyai balkon. Dari balkon
itu mata kita akan disuguhi pemandangan yang cukup menyejukkan mata.

Tiga kolam renang yang berada di tengah-tengah lima gedung itu laksana oasis bagi pengunjungnya. Airnya tampak kebiru-biruan jika dilihat dari atas. Sebuah panorama buatan yang menakjubkan, apalagi di sekelilingnya menghijau dengan rimbunnya pohon-pohon tropis yang eksotis.

Tiga kolam renang itu dibagi menjadi kolam renang utama, kolam renang untuk anak-anak dan  indoor swimming pool atau kolam renang di dalam Ruangan.”Jadi gak usah takut kehujanan,” ujar Public Relation Holiday Inn Resort, Veve, Selasa (27/7) siang lalu.

Tak heran mengapa tamu hotel dengan 220 karyawan ini mengumpamakannya sebagai oasis. Lahan seluas 3,2 hektar disisakan sebagai taman untuk penghijauan. Dan tidak mengagetkan jika hotel di bawah bendera interContinental Hotel Groups (IHG) ini mendapat penghargaan dari Pemko Batam sebagai hotel ramah yang ramah lingkungan (green hotel), tahun ini. Kriteria yang dinilai adalah dari segi penghijauan, pengelolaan limbah, energi ramah lingkungan dan lanskap yang terawat.

Lima puluh persen tamu Holiday Inn Resort Batam merupakan tamu longstay, mayoritas mereka adalah ekspatriat di galangan kapal Tanjunguncang, selebihnya adalah tamu reguler.”Tamu longstay kami rata-rata suka dengan atmosfer hotel ini, termasuk tamu reguler yang
mayoritas dari singapura. Mereka betah dan menikmati fasilitas kami,” ucap GM Holiday Inn Resort Batam, Rully Zulkanrnain, awal pekan lalu. “Hotel kami seperti oasis kata mereka,” imbuhnya meniru komentar tamunya sambil
tersenyum.***

Rikleks di Tea Tree Spa.

Setelah beraktivitas seharian mungkin badan terasa lelah dan ingin santai? Tea Tree Spa yang berada tidak jauh dari kolam renang selalu siap melayani dan memanjakan pengunjungnya. Tea Tree Spa dikonsep dengan nuansa Bali.

Fasilitas Tea Tree Spa dilengkapi dengan sauna, steambath, jakuzi, wellnes centre, dan kalau ingin lebih privat, villa spa menjadi pilihan.

Tidak ingin berlama-berlama di ruang spa, hanya ingin rileks dengan berenang atau hanya sekadar ingin mendinginkan suhu tubuh dengan sentuhan angin sore hari di pinggir kolam dan birunya langit yang romantis atau sembari merebahkan badan di kursi santai yang ada di pinggir kolam renang juga merupakan pilihan yang tidak kalah menarik.

Jus segar atau minuman coaktail yang bermacam-macam pilihannya merupakan teman santai yang akan menambah suasana di pinggir kolam di sore hari menjadi suasana yang begitu dramatis dan berkesan. Apalagi bersama pasangan atau bersama orang-orang terkasih, liburan anda akan akan menjadi kenangan yang sulit dilupakan.

Lapar? dan tidak ingin jauh-jauh dari kolam renang, tidak usah khawatir karena pelayanan restoran yang ada di sekitar kolam renang senantiasa semangat melayani tamu. Dari japaness food, thai food, dan chiness food,
western food, dan masakan nusantara tak jauh dari kolam renang.

Sushi, Moshi-Moshi hingga Teppanyaki dari Restoran Akatonbo Teppanyaki akan memanjakan selera. Beragam kuliner rasa asia lainnya juga menawarkan rasa yang istimewa karena bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan segar dan bumbunya langsung didatangkan dari negeri asalnya.”Pelanggan restoran kami tidak hanya tamu yang nginap di hotel ini saja, orang luar banyak juga yang menyukai menu-menu kami,” tukas Rully, yang baru
pindah dari Holiday Inn Bandung ini.***

Suasana Bali.

Rileks di Spa, Jalan-jalan Ke Kampung Nelayan

Terik matahari, Selasa (27/7) siang lalu, panasnya tidak mampu menembus ruang villa spa di Tea Tree Spa. Atap rumbia yang mengerucut tinggi tanpa plafon dan kipas angin gantung mampu menyejukkan ruang yang didesain tanpa dinding pembatas itu. Udara pun bebas keluar masuk ruangan itu. Sementara pohon merambat sengaja dibiarkan menjalar dan menutupi tembok pembatas lahan Tea Tree Spa dengan area lainnya, menambah kesan alami dan menghadirkan nuansa sebuah perkampungan di Bali.

Ratna, therapys Tea Tree Spa dengan lembut dan cekatan melakukan treatment kepada Morris, tamu longstay Holiday Inn Resort Batam. Siang itu Morris memilih spa facial manicure dan pedicure untuk mempercantik kukunya.

Relaksasi awal adalah foot bath, sebuah pijatan pada kaki, yang dapat menstimulasi titik-titik refleksologi yang ada pada telapak kaki dengan media air yang diberi wewangian bunga-bunga segar sebagai therapy pijat sehingga organ-organ tubuh yang kurang berfungsi kembali berfungsi sebagaimana mestinya. Foot bath merupakan standar tindakan (treatment) awal untuk semua jenis pilihan spa di Tea Tree Spa.

Selama lima menit Ratna melakukan foot bath. Musik internasional spa yang lembut mengiringi, seakan-akan merilekskan dari dalam, yakni merilekskan fikiran yang lelah. Suara-suara alam seperti suara air mengalir menambah rileks suasana.

Spa yang pernah dinobatkan sebagai The Best Indonesian Spa 2004 oleh Spa Asia Magazine ini dilengkapi dengan enam buah villa spa, delapan single room spa, dan satu wellness centre. “Tamu spa meskipun tidak menginap di sini bisa menggunakan fasilitas hotel, seperti kolam renang dan gymnasium,” ujar Manajer Tea Tree Spa, Sri Rahmawati.

Selain spa, fasilitas lain yang ada di Holiday Inn Resort Batam adalah paint ball, village tour, tenis, basket ball, dart, dan bowling. Jika ingin melepas lelah dengan bernyanyi ria bersama rekan-rekan atau keluarga, ada KTV Music Box yang mempunyai empat kamar VIP dan karaoke hall.

Village tour atau jalan-jalan ke kampung-kampung dengan bersepeda banyak digemari tamu hotel ini. Sepeda sudah disediakan dan dipandu oleh seorang guide.”Rutenya ke perkebunan di Seitemiang setelah itu foto-foto di kampung nelayan. Mereka senang jalan-jalan seperti itu,” kata Veve.

Tak hanya itu, lokasi out bond juga tersedia dengan fasilitas pelengkapnya.”Biasanya rombongan perusahaan, pelajar, dan rombongan aktivis organisasi Singapura yang memakai outbond di sini,” pungkas Veve. (esont)

Galery Foto :
Panda Kids Club
Oase Holiday Inn.
Tropis.***

~ oleh esont pada Agustus 5, 2010.

Satu Tanggapan to “Oasis Di Tanjungriau”

  1. keren ya…sy rencana mau nginap di sini..untuk paket sarapan terpisah nya berapa ya harganya..karena sy terlanjur booking room not include breakfast

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: