Lebaran di Negeri Orang

Song of the sea di Sentosa Island, Singapura.

Repot Ditinggal Pembantu Pilih Lebaran di Negeri Orang.

Momen lebaran bagi sebagian besar ummat muslim adalah hari yang ditunggu-tunggu untuk dirayakan bersama keluarga besar. Sanak saudara yang telah lama tercerai berai karena terpisah jauh dirantau, di hari lebaran semuanya akan berkumpul kembali melepas kerinduan dan saling bermaafan.

Namun, tidak semua keluarga muslim yang begitu antusias menyambut lebaran ini, terutama yang tinggal di perkotaan. Sebagian dari mereka memilih berlibur ke luar negeri di saat mayoritas ummat islam merayakan bersama keluarga besarnya di kampung asal maupun cukup di rumah dan
menjadikan momen lebaran ini untuk mempererat silaturrahmi dengan tetangga dan rekan-rekan dekat yang sama-sama tidak mudik.

Sebagian besar alasannya karena pembantu yang selama ini mengurusi segala hal tetek bengek urusan rumah mereka cuti mudik.

Bagi keluarga yang sudah terbiasa begitu, mereka rela memilih pindah ke hotel atau plesiran ke luar negeri karena tidak ingin repot dengan urusan tetek bengek rumahnya.

Inilah yang menjadi peluang bagi perusahaan jasa penyelenggara perjalanan wisata, tour & travel.

Beberapa perusahaan jasa tour & travel yang ada di Batam ramai-ramai menawarkan paket wisata libur lebaran ke sejumlah negara, seperti ke Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, Korea, bahkan ada yang tujuan negeri tirai bambu, China.

Sebut saja, PT Prima Tour & Travel. Perusahaan jasa yang ada di Komplek Penuin Centre Blok E 1 dan 2 ini, menawarkan tujuh paket liburan lebaran denan negara tujuan Malaysia, semuanya empat hari tiga malam perjalanan. Tujuh paket ini dibagi berdasarkan tanggal keberangkatan, rute perjalanan, dan kelas hotel. “Untuk paket 5 dan Paket 6 sudah full booked,” tukas Reservasi PT Prima Tour & Travel, sisca, 21, di kantornya awal pekan lalu.

Paket 5 adalah paket yang berangkat tanggal 9 September hingga 11 September dengan rute Genting – Kuala Lumpur – Malaka. Sedangkan Paket 6, tanggal keberangkatan dan rutenya sama dengan paket lima hanya dibedakan kelas hotelnya.

Di negeri jiran ini ditawarkan sejumlah tempat-tempat wisata yang sudah terkenal, seperti Paket 6 menawarkan perjalanan ke Gereja St Paul dan Gerbang afamosa di Malaka. Sedangkan di Kuala Lumpur akan mengunjungi Dataran Merdeka, Istana Negara, Masjid negara, Menara kembar Petronas, KLCC photoshop, dan belanja di Suria KLCC, kebun strawbery, batu cave, lalu naik kereta gantung ke Puncak Genting.

Setelah check in acara bebas bagi peserta hingga esok harinya. dan di hari ke empat atau terkhir masih ada jadwal kunjungan ke pabrik cokelat dan belanja oleh-oleh sebelum pulang kembali ke Batam.

“selain melayani konsorsium, kami juga melayani one day tour ke Singapura. Minimal dua orang. Dewasa Rp399 ribu dan anak-anak 299ribu,” imbuh Sisca.

Sebagian besar pelanggan travel yang setiap tahunnya menyelenggarakan paket lebaran ini  adalah dari Jakarta dan Batam.

Patria Tour & Travel juga menawarkan wisata liburan lebaran, seperti ke singapura, Malaysia, dan Thailand.”Kami juga melayani tour ke negara-negara Asia lainnya. Tergantung permintaan,” kata Operasional Patria Tour & Travel, Novi,26, Senin (23/8) lalu.

Paket yang ditawarkan 4 hari 3 malam, 5 hari 4 malam, dan 7 hari 6 malam. “Yang paket 7 hari 6 malam, biasanya peserta dari luar Batam” tukas cewek berhidung mancung ini.

Selain itu, Patria juga melayani one day tour (perjalanan wisata sehari) dan two day tour ke Singapura. Patria juga fleksibel melayani pelanggannya, misalnya ketika one day tour ada peserta yang ingin nambah jadwal di luar jadwal yang telah disepakati, Patria akan melayani tapi tentu nambah biaya.

Tempat-tempat yang akan disinggahi adalah tempat-tempat yang sudah populer, seperti Sentosa, Universal Studio, Esplaned, China Town, Little India, dan belanja di Orchad.

PT Kurnia Djaja Wisata (KDW) Tour & Travel, tak jauh berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh PT Prima Tour & Travel dan Patria Tour & Travel. Perusahaan jasa di bilangan Baloi ini hanya menawarkan dua paket liburan lebaran.

Paket satu dengan rute Batam-Johor-Genting-Batam, dan paket ke dua dengan rute Batam-Johor-Malaka-Kuala Lumpur-Sunway Lagoon-Batam. Perjalanan itu ditempuh dalam waktu 4 hari 3 malam perjalanan.

PT KDW T&T membagi dua kali pemberangkatan. Pertama berangkat dari tanggal 9 September hingga 12 September (Rp2,888juta/Paket 1) dan tanggal 11 September hingga 14 September (Rp2,148juta/Paket 1). Sedangkan Paket 2 hanya satu kali pemberangkatan, yakni tanggal 9 September hingga 12 September (Rp2,148 juta).

“Pelanggan kami dari Jakarta, Jambi, dan palembang sudah banyak yang booking, dari Batam tidak begitu banyak,” ungkap karyawan PT KDW T&T, Sugi.

“Rata-rata alasan mereka sih..karena ditinggal mudik pembantunya,” tukas Sugi.

Ananda Tour & Travel agak berbeda dalam menawarkan perjalanan wisata lebarannya. Perusahaan jasa wisata ini selain menawarkan perjalanan  wisata ke negara-negara yang ditawarkan sejumlah perusahaan tour dan travel di atas, Ananda Tour & Travel juga menawarkan perjalanan ke Korea, Bangkok- Pattaya (Thailand), Taiwan Wonderland, dan ke Beijing (China).

Peminat paket lebaran yang ditawarkan Ananda Tour & Travel ini juga banyak dari luar Batam, seperti Surabaya, Jambi, Pekanbaru, dan Jakarta. “Rata-rata keluarga, biasanya untuk empat orang sekali booking,” kata Sale Manajer Ananda Tour & Travel, Dion.

“Yang muslim kebanyakan berangkat setelah solat Ied,” ungkapnya.

Diakui Dion, jasa perjalanan wisata Batam lebih murah jika dibandingkan dengan perusahan jasa yang sama di luar Batam.”Batam relatif lebih murah,” tukasnya.

Ananda Tour mematok harga Rp2.048 juta untuk rute Kuala Lumpur-Sunway lagoon-Genting-Malaka untuk perjalanan 4 hari 3 malam dengan pemberangkatan tanggal 9 September. Sedangkan pemberangkatan tangga 11 September dengan rute yang sama hanya Rp1.948 juta.

Perjalanan ke Bangkok-Pattaya selama empat hari berangkat 9 dan 10 September dipatok 488 dolar Singapura. Enam hari di Beijing berangkat 8 September 1,158 dolar Singapura, tujuh hari di Korea berangkat 8 September 2,058 dolar Singapura, dan 8 hari di Taiwan berangkat 10 September 1,258 dolar Singapura.

“Kalau yang berangkat ke Korea, Taiwan, dan China rata-rata chiness,” pungkas Dion. (esont)***

Galery Foto :

F. Muhammad Nur

Bertemu dengan mahluk masa depan di Kota Futuristik Zona Sci fi City.

F. Muhammad Nur

Marina, Singapura.

F. Net

Petronas, Malaysia. ***

~ oleh esont pada September 4, 2010.

2 Tanggapan to “Lebaran di Negeri Orang”

  1. keren banget photo2na.met berlebaran

  2. terimakasih..salam kenal dr batam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: