Sewindu SMAN 3 Batam

Perjalanan Panjang Menuju RSBI

Aksi model SMAN 3 Batam di Sewindu SMAN 3 Batam.

Perjalanan SMAN 3 dari awal hingga kini terus menorehkan sejumlah prestasi yang membanggakan, baik di bidang akademi maupun ekstra kokulikulernya. Delapan tahun bukanlah waktu yang sebentar, perjalanan yang butuh keseriusan dan ketekunan.

Hasilnya, prestasi di tingkat lokal maupun nasional telah berhasil dicapai. Status sekolah yang berlokasi di Jalan Rajawali, Nongsa ini juga terus meningkat. Dari Sekolah Standar Pelayanan Minimal (2003) naik kelas menjadi Sekolah Kategori Mandiri (SKM) atau Sekolah standar Nasional (2006/2007), dan terus meningkat di 2009/2010 menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan bertahan di RSBI periode ke dua di 2010/2011.

“Alhamdulillah dari nol bisa menjadi RSBI di tahun ke tujuh,” ujar Tapi Winanti, mantan Kepala Sekolah SMAN 3 yang kini menjabat Kepala sekolah di SMAN 4, Tiban, di sela-sela peringatan sewindu SMAN 3 yang diadakan di lapangan SMAN3, Sabtu, (31/7) lalu.

Dalam kepemimpinan Tapi Winanti, perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan terus digenjot. Dari kualitas pengajar, lingkungan sekolah, dan alat pendukung belajar mengajarnya juga mendapat perhatian serius.Ini bisa dilihat dari fasilitas yang ada, seperti 22 kelas sudah menggunakan in fokus dalam kegiatan belajar mengajarnya, 17 ruangan di antaranya full AC.

Selain itu, SMAN 3 melengkapi lingkungannya dengan empat titik hotspot yang bisa diakses 750 siswa-siswinya. “Bersyukur semua program yang dicanangkan didukung penuh komite sekolah, jadi semua program berjalan lancar,” ungkapnya dengan nada gembira.

Baru-baru ini SMAN 3 mendapat predikat juara I sekolah dengan lingkungan hidup terbaik dan Kantin Sehat se Kota Batam. Prestasi siswa-siswinya juga patut diberi acungan jempol. Sebut saja, Raden Muhammad Fajjar yang dikirim mewakili Kepri dalam kompetisi bahasa inggris tingkat nasional tahun lalu.

Dua siswa siswinya, Qistina Satriavi Yusuf dan Jerry Nodika Putra dua dari enam pelajar Batam lulus seleksi mewakili Kepri di Indonesia Youth Leadership Program 2010. Sebuah program pertukaran pelajar Indonesia – Amerika yang diselenggarain Center for Civic Education (CCE) Indonesia. “Di sini sudah berbasis IT (Informasi Teknologi), dan kami sudah mendapat standar mutu ISO 9001-2008,” tukas perempuan berjilbab ini.

SMAN 3 merupakan satu-satunya sekolah di Kepri yang sudah menerapkan moving class, dimana siswa yang mendatangi guru di kelas. Konsep Moving Class mengacu pada pembelajaran kelas yang berpusat pada anak untuk memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan bidang yang dipelajarinya.

Dengan moving class, pada saat subjek mata pelajaran berganti maka siswa akan meninggalkan kelas menuju kelas lain sesuai mata pelajaran yang dijadwalkan, jadi siswa yang mendatangi guru, bukan sebaliknya. ” Ya..seperti mahasiswa kuliah,” ucap Tapi. Keunggulan sistem ini siswa punya waktu untuk bergerak, dan mendapat suasana yang berbeda setiap harinya, sehingga selalu segar untuk menerima pelajaran.***

Organisasi kesiswaannya juga berjalan seiring, siswa-siswi SMAN 3 tidak perlu khawatir untuk menyalurkan bakatnya. Karena banyak pilihan untuk menyalurkan bakat dan minat di sini. Sepuluh klub olahraga dan seni, serta sepuluh klub science. Seperti klub karate, silat, bola volly, sepak bola, basket, badminton, sedangkan untuk klub scince ada klub kebumian, kimia, fisika, matematika dan biologi.

Klub kesusastraan baru dibentuk tahun ini, seperti forum drama, novel, puisi, dan cerpen. “Semoga SMAN 3 terus maju dan bisa meraih predikat Sekolah Bertaraf Internasional,” pungkas Tapi. Tapi Winanti digantikan oleh Abu Bakar, yang sebelumnya Kepala Sekolah SMAN 8. Serah terima jabatan dilaksanakan , Rabu (4/8) lalu, di SMAN 3. (esont)***

Galery Foto :

Para model beraksi.

Karateka.

Atraksi Karateka SMAN3 Batam.

MC Jessika mewawancarai Okto Briantino  Karateka SMAN3 yang berhasil menjuarai kejuaraan tingkat nasional di Jakarta, baru-baru ini . (esont)***

~ oleh esont pada September 4, 2010.

4 Tanggapan to “Sewindu SMAN 3 Batam”

  1. saya angkatan pertama sekolah ini.. bangga!

  2. Saya mau daftar sma 3,sekarang sy kls 3 smp 21.sy amat tertarik dg sma3,gimana caranya on line

    • sebelumnya maaf ya Icha, sudah lama saya tidak mengunjungi SMAN 3 setelah Bu Tapi dipindah ke SMAN 4 Tiban Lama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: