Pesta Di Penghujung Tahun

Pesta kembang api di lapangan Engku Putri 2009-2010.

Adzan isya’ baru saja berlalu, Ahmad Khoiri, 30, warga Perumahan Puri Agung, Tanjungpiayu bergegas mengajak istri dan ke dua puteranya, Faiz dan Noval salat berjamaah di masjid kompleknya setelah menyantap makan malamnya. Setelah turun dari masjid, istri Ahmad langsung sibuk menyiapkan bekal dan tikar. Sementara Faiz dan Noval terus merengek minta cepat berangkat menuju Engku Puteri di Batam Centre.

“Ayo pak..nanti ketinggalan pesta kembang apinya,” Faiz terus merengek. “Ayo berangkat kalalu semuanya sudah siap,” jawab Ahmad, sapaan akrab Ahmad Khotu. Ahmad, istri dan ke dua anaknya segera melaju dengan sepeda motor menuju Batam Centre. Jalan sudah mulai padat, sepeda motor dan mobil, banyak yang mengarah ke pusat pesta kembang api di Batam.

 

Bunyi terompet terdengar di mana-mana. Suara mercon begitu juga. Ahmad memarkir motornya tak jauh dari kantor Bank Indonesia dan segera menuju pusat acara. Tikar yang dibawa segera ia gelar ditempat yang tidak terlalu ramai dengan hilir mudik pengunjung yang menyemut di lapangan kantor Wali Kota Batam itu.

Musik dangdut yang mengiring malam pergantian tahun 2009 ke 2010 setahun lalu itu begitu meriah. Tua muda, laki-laki dan perempuan semua bergembira, terbawa suasana. Pedagang pun panen semalam. Termasuk keluarga Ahmad.

“Anak-anak senang sekali, melihat kembang api yang begitu besar dan spektakuler malam itu, seru. Sampai gak sadar jarum jam sudah menunjukkan pukul 03.00 WIB. Kami gak langsung pulang, tapi masih mutar-mutar melihat suasana kota di Jodoh dan Nagoya,” kata Ahmad mengingat malam pergantian tahun di Engku Putri setahun lalu.

“Sudah tiga kali kami merayakan malam tahun baru di Engku Putri,” kata karyawan PT Panasonic Batam ini. Tak hanya di Engku Putri yang pesta kembang api, Kawasan Mega Wisata Ocarina, yang jaraknya tidak jauh dari Engku Putri juga melakukannya.

Jalanan menuju dan keluar Ocarina pun macet total, begitu juga di sekitar Engku Putri. Ledakan kembang api bersahutan di langit Batam Centre, banyak fotografer dan warga yang mengabadikan momen tahunan itu. Ledakan besar yang disertai bunga-bunga api spektakuler itu seiring dengan jarum jam yang menunjuk ke angka 12 atau 00.00 WIB.

Duar..duar..suara kembang api menggelegar. Suara terompet dan suara klakson dari kendaraan tak kalah nyaringnya. Tempat-tempat wisata yang tersebar di Batam tak kalah ramainya. Terutama di pantai-pantai wisata. Misalnya di daerah Nongsa, Tanjungriau, Marina, dan sejumlah pantai di Barelang, seperti Pantai Melur, Pantai Melayu, Pantai Mirota, dan Jembatan Barelang.

Macet di Batam Centre.

Bahkan banyak dari mereka yang merayakannya hingga pagi. Dari bakar-bakar ikan hingga membuat pesta kecil-kecilan menghidupkan malam. Di pusat-pusat hiburan, seperti hotel, diskotik, pub, dan karaoke yang banyak tersebar di Nagoya dan Jodoh tak mau kalah. Pengunjung mereka suguhkan dengan paket-paket pesta pergantian tahun yang unik dan kadang menyediakan door prize yang menggiurkan.

Tak tanggung-tanggung, kadang artis terkenal dan band-band papan atas mereka undang untuk menghibur pelanggannya. Tahun ini, perayaan pergantian malam tahun baru tak kalah seru. Pemko Batam telah menyiapkan sejumlah acara untuk menghibur warga Batam dan wisatawan yang berkunjung ke kota industri ini.

Rangkaian acaranya dibungkus dalam satu acara yang dinamakan Kenduri Akhir Tahun dan Pesta Kembang Api. Dijadwalkan kelompok musik humor Teamlo, artis dangdut dari Jakarta, dan band-band indie lokal akan mengisi malam pergantian tahun di pusat pemerintahan Kota Batam itu.

Dan seremoni pesta itu akan ditandai dengan kembang api besar yang sama dengan tahun lalu. “Anggaran kembang apinya sama dengan tahun lalu, yakni Rp150 juta. Namun tahun ini ada tambahan permainan lasernya,” ungkap Ketua Kenduri Akhir Tahun Dan Pesta Kembang Api 2010-2011, Boeralimar.

Kembang api ini akan mewarnai langit Batam Centre selama 12 hingga 15 menit. Bagi yang hobi fotografi, tentu ini momen yang menantang dan ditunggu-tunggu. Di sela-sela acara itu, Pemko Batam juga akan meluncurkan Visit Batam 2011. “Peluncurannya akan ditandai dengan lampu yang akan menyorot tulisan Welcome To Batam yang ada di Bukit Clara, Batam Centre,” Kata Boeralimar.

Selain di tempat-tempat terbuka, acara dalam ruang juga tak kalah menariknya. Pub D’Brix misalnya, pub yang ada di Hotel Grand Majesty, Jodoh, akan menyambut malam pergantian tahun 2010-2011 dengan pesta yang lebih mewah dari biasanya. “Tema yang kami ambil tahun ini Sexy But Elegan. Dari dekorasi dan acaranya akan kami buat mewah tapi elegan,” ujar Manager Pub D’Brix, Suta. “D’Brix, selain menampilkan performa penari-penari cantik dari R’Lux Dancer, DJ, dan Cressendo Band dari Jakarta, kami menyediakan doorprize berupa ponsel Blackberry bagi pengunjung,”imbuhnya.

Lain lagi di Hotel Pacific. Hotel berbentuk kapal pesiar itu menggelar acara cocktail party yang dikemas dalam nuansa Back to Sixty. Acaranya digelar eksklusif di Ballroom lantai 4. “Mulai dari pakaian, musik, tari, dan rundown acaranya akan dibuat bernuansa tahun 60-an. Contohnya dance Cha-Cha,” ucap Daniel, Marketing Hotel Pacific.

Acaranya yang akan dimulai dari pukul 20.00 WIB hingga selesai acara peluncuran kembang api ini akan diiringi Samaria akustik, home band Hotel Pacific. “Nantinya akan ada pesta kembang api in door dan out door. Setelah di in door, peserta akan diarahkan ke haluan hotel (out door), di sana peserta akan menyaksikan kembang api besar dan cantik selama setengah jam-an. Jadi sensasinya seperti melihat kembang api dari kapal pesiar,” tutur Daniel.

“Selain itu akan ada penilaian khusus bagi pengunjung yang berbusana retro, dan ada hadiahnya,” imbuhnya. (Narasi & Foto : esont) ***

~ oleh esont pada Januari 1, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: