Menyantuni Anak Yatim dan Mendengarkan Tausiah, Menyeronokkan (Menyenangkan)…

Artis Singapura, Farida M Amin (vokalis utama group nasyid Al Mizan, kiri) menarik sumbangan dari rombongan muslim Singapura di Hotel Golden View, Bengkong, Minggu (10/7).

Wisata Amal Muslim Singapura
Batam-“Wisata ini sungguh menakjubkan,” lugas Saijan bin Ahmad, 75, menilai perjalanan wisata amal selama dua hari satu malam di Batam dengan wajah yang ceria.”Kami dihibur  oleh anak yatim dan disiapkan makan sekali. Itu sesuatu yang menyeronokkan (menyenangkan), apalagi bisa mendengarkan ceramah ketika berkunjung ke Masjid Agung, menyeronokkan sekali,” tambah Saijan sambil tersenyum seusai berkunjung dari Panti Asuhan Permate, Tembesi dan Masjid Agung, Batam Centre, Sabtu (9/7).

Saijan tidak datang sendiri, lelaki berkacamata ini datang bersama rombongan muslim  dan jamaah Masjid Rahimabi Singapura yang berjumlah 142 orang. Rombongan ini tak sekedar berkunjung, namun mereka juga menyantuni anak-anak yatim yang dibina oleh PA Permate. “Kami juga membantu menjual hasil karya tangan anak-anak Permate kepada rombongan ini,” ujar Nursidah, dari Lovelink Connections, Singapura yang menjembatani  muslim Singapura dengan PA Permate.

Seusai berkunjung ke PA Permate, rombongan ini juga mengunjungi Masjid Agung di Batam Centre. Di Masjid Agung, tujuan mereka juga bukan sekadar plesiran, mereka membawa misi, yakni betukar pengalaman dengan pengurus Masjid Agung karena rombongan ini rata-rata juga pengurus masjid di Singapura.”Selain sharing pengalaman, kami berharap juga bisa bertukar penceramah, misalnya khatib jumat,” ungkap pegawai eksekutif dakwah Masjid Rahimabi, Ustadz Muhammad Yusuf, 36.

Seusai berbincang dengan pengurus Masjid Agung, rombongan yang mayoritas lanjut usia ini menyempatkan diri mendengarkan tausiah dan menyerahkan bantuan.

“Khusus belia (remaja) kami bersedia bertukar skill,” imbuh Muhammad Yusuf.

Sebagian rombongan, ikut serta remaja. Saat berkunjug ke PA Permate, mereka dengan sukarela memperbaiki apa saja yang bisa mereka kerjakan. “Mereka akan sukarela membagi ilmu dalam hal yang mereka kuasai seperti elektronik, wiring, maupun pertukangan,” tukas Muhammad Yusuf serius.

Fasilitas Asrama Haji yang ada di Batam Centre mengesankan rombongan ini. “Di Singapura tidak ada yang seperti ini. Biasanya kami praktek di dalam masjid saja atau ke Malaysia,” ujar ustadz berkacamata ini.

Menurut Muhammad Yusuf, jika dipromosikan ke travel agency Singapura, bakal banyak muslim Singapura yang akan mempraktekkan ibadah haji (manasik) dan umrah di Asrama Haji Batam. “Fasilitasnya komplit, bisa membantu menguatkan mental calon jamaah haji atau umrah,” katanya.

Nur Aini, 52, cukup terkesan dengan kunjungan pertamanya ke Batam. “Sebelum puasa saya akan datang lagi. Saya tersentuh dengan kondisi anak-anak yatim di PA Permate,” kata warga Jalan Hougang Ave ini.

Senada dengan Nur Aini, Mahani, 50, yang datang bersama kedua anaknya cukup terkesan dengan wisata amalnya terutama saat berkunjung ke PA Permate. “Menakjubkan. Meskipun kondisinya begitu namun banyak senyum yang mereka beri,” ujar wanita berjilbab ini.

Di hari kedua sebelum bertolak pulang, rombongan wisata amal warga emas (lanjut usia) Masjid Rahimabi dan muslim Singapura lainnya ini, mengumpulkan dana yang dirangkum dalam sarapan pagi di Hotel Golden View, Bengkong, dan belanja oleh-oleh ke DC Mall dan Nagoya.

“Di DC Mall biasanya belanja pakaian muslim, kalau ke Nagoya beli oleh-oleh,” ujar Arifin Salleh dari Lovelink Connections di sela-sela acara penggalangan dana.

Artis Singapura Farida M Amin, Ketua perkumpulan Nasyid Al Mizan sekaligus vokalis utamanya sempat menghibur rombongan dengan tiga buah lagu secara karaoke. “Tadi saya membawakan lagu Seruan Ilahi dan Hijab yang di ambil dari album Al Mizan,  dan Ayat-Ayat Cinta,” ujar Farida seusai menyanyi dan memungut sumbangan dari jamaah sambil tersenyum. (esont)
Galery Foto :

(ki-ka) Arifin Salleh, Nursidah, Ketua jamaah Masjid Rahimabi, Kabag Humas Pemko Batam Salim, dan pegawai eksekutif dakwah Masjid Rahimabi, Ustadz Muhammad Yusuf menyerahkan bantuan dana secara simbolis di Hotel Golden View, Minggu (10/7).

Nursidah dan Farida M Amin (kiri) memungut donasi dari jamaah.
Sarapan pagi bersama di Hotel Golden View, Bengkong, sebelum berbelanja oleh-oleh dan pulang.***

~ oleh esont pada Juli 12, 2011.

8 Tanggapan to “Menyantuni Anak Yatim dan Mendengarkan Tausiah, Menyeronokkan (Menyenangkan)…”

  1. Assalamualaikum Pak Yusoff Hidayat

    Saya Saini Salleh dari Singapore… masih ingat kita bersama meliput Kampung Boyan. Lawatan rombongan daripada Masjid Rahimahbi ini tentunya membantu meningkatkan silaturrahim warga dua pulau yang berbeza status ekonomi dan aliran politik. Moga2 ada lebih banyak program wisata seperti ini dapat dianjurkan untuk faedah bersama. Kesempatan ini saya ambil untuk mohon izin bapak untuk saya gunakan gambar Farida M Amin untuk liputan di koran. Bisa Pak…. nanti saya belanja makan bila kita ketemu di Batam nanti… ha.. ha… ha

    • waalaikum salam, bang saini.
      boleh, silahkan saja pakai foto itu tapi mohon kode nama saya jangan dihilangkan, hehehe

  2. Masih setia dg warna hitam Mak

  3. Warna ireng buat saya gelap mata dan meraba-raba sih!

  4. Sedikit pun saya tidak tersinggung…. ya seperti lagu singul-singulan oh… singgula.
    Bercanda aje… tahun baru happy2 selalu.
    yang penting, kita jangan lupa “ada” yang melihat, mendengar apa yang kita lakukan seharian…
    Kalau kita ingat yang itu, Insya-Allah hiup kita aman dan berkat!..

    Salam dari seberang.

    • ya, selalu “ada” yg melihat & mendengar tingkah kita. & kita mesti bisa melangkah secara dinamis tanpa merasa berat, dunia & akhirat.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: