Jembatan Barelang Kian Megah

Image

Pojok Foto berlatarbelakang Jembatan 1 Barelang.

Ada Panggung dan Area Parkir
SAGULUNG (E) – Jembatan Raja Ali Haji yang juga populer disebut dengan Jembatan 1 Barelang terus berbenah. Fasilitas baru berupa plaza terbuka yang cukup luas dibangun sebagai pendukung keindahan jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Rempang itu.

Di areal plaza yang berada di sebelah kiri sebelum jembatan itu terdapat fasilitas panggung terbuka, toilet, tempat parkir, Tourist Information Centre (TIC) dan pojok foto. “Tempat parkirnya kira-kira bisa menampung 120 kendaraan roda empat dan 200 an sepeda motor,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Yusfa Hendri, kemarin (15/1).

Namun fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung baru pojok foto, yaitu sebuah tugu yang didesain sedemikian rupa dengan tulisan BARELANG BRIDGE BATAM yang berlatar belakang jembatan Barelang.”Letaknya memang ditempatkan di situ supaya orang yang foto-foto pas dengan latar belakang Jembatan Barelangnya,” kata Yusfa.

Menurut Yusfa, pembangunan plaza terbuka masih berlanjut ke pembangunan tahap dua dengan dana  dari PU Pusat melalui provinsi Kepri dan APBD Kota Batam.”Setelah ini akan segera dibangun tangga ke bawah dan batu pengaman (batu miring) di bawah jembatan, untuk melengkapi fasilitas plaza terbuka dan pembenahan Pantai Dendang Melayu,” tukas Yusfa.

Kapan diresmikan? “Menunggu proyek taha dua selesai, mungkin pertengahan tahun ini,” jawab Yusfa.

Namun, kata Yusfa, meskipun pembangunannya belum selesai, pemanfaatannya sudah bisa dirasakan pengunjung ikon pariwisata Batam tersebut.

“Nantinya gak boleh lagi ada parkir dan orang jualan di atas jembatan untuk mengantisipasi kejadian seperti yang terjadi pada jembatan di Kutai Kartanegara,” jelas Yusfa.

Dijadikan Lahan Pungli
Namun sayang, kenyamanan pengunjung yang datang untuk mencoba fasilitas baru itu terutama pojok foto harus diberatkan dengan “tarif parkir” sebesar Rp5000 sekali masuk. Seperti yang diungkapkan Yahya Ulhaq, 30, yang sengaja datang untuk hunting foto wajah Jembatan Barelang terbaru itu. “Gila, tarifnya Rp5000,” ketusnya saat diminta oleh seorang perempuan yang mengaku telah mendapat restu dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemko Batam.

“Untuk bersih-bersih sampah di sini,” jawab perempuan separuh baya itu.

Yusfa yang ditanya mengenai “tarif parkir” itu tidak membenarkan, “Pemko Batam belum menarik tarif parkir sampai saat ini, nanti setelah diresmikan kami akan gandeng secure parking untuk mengelolanya,” jelas Yusfa serius.

Dila, 23, yang datang berkunjung ke Plaza Terbuka bersama temannya juga punya keluhan yang serupa, yakni pungli. “Gak hanya di sini yang bayar mas, kalau kita ke bawah juga bayar lagi,” ungkapnya dengan  nada kesal sembari menunjuk ke bawah jembatan.

Di luar masalah parkir, Jembatan Barelang tetap memesona bagi pengunjung yang ingin hunting foto apalagi saat pagi dan sore hari. “Jembatan Barelang memang selalu menarik untuk difoto,” ungkap Ulhaq Yahya yang jauh-jauh datang dari Papua ini. (esont)

Galeri Foto :

Image

Pesona Jembatan Raja Ali Haji di waktu senja.

Image

Ikon pariwisata Batam tempat favorit turis lokal dan turis mancanegara.

Image

Siluet Yahya Ulhaq di panggung Plaza Terbuka.

Image

Jump!

Image

Meskipun dilarang, pengunjung tetap parkir dan berlama-lama di atas jembatan.

Image

Tambeng!

Image

Pedagang juga tambeng!

Image

Kian megah. (By. esont)

~ oleh esont pada Januari 18, 2012.

3 Tanggapan to “Jembatan Barelang Kian Megah”

  1. Mak, izin ngambil tulisan dan fotonya, boleh? sumber dicantumkan, kok hehehe

  2. Jangan lupa kalau ke batam Kaos “BOKER” Nya…(Batam Kaos Keren)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: